Untuk memaksimalkan kinerja strategi website marketing, para pemilik bisnis dan entrepreneur sebaiknya memproduksi konten website yang menarik. Konten tersebut bisa kamu pasang di blog atau website bisnis milikmu. Namun, tetap saja kamu harus memperhatikan jenis konten seperti apa yang kira – kira mampu menarik dan tentunya dibutuhkan oleh pelanggan. Hal ini sangat penting agar pelanggan bisa yakin dan memutuskan untuk membeli atau menggunakan produk & jasa yang ditawarkan usaha milikmu.
Jenis Konten Website Untuk Bisnismu
- Product Knowledge
Jika kamu ingin menawarkan produk berupa barang atau jasa lewat strategi website marketing, maka sebaiknya kamu menginfokan tentang product knowledge kepada calon konsumen dan konsumen setiamu. Isi dari konten product knowledge bisa beragam dari produk andalan, produk discount, produk best-selling hingga produk terbaru. Di dalam konten product knowledge ini, sebaiknya berisi detail produk selengkap mungkin supaya para pengunjung website milikmu dapat memiliki pemahaman yang baik untuk setiap produk dan jasa yang bisnismu jual. Konten product knowledge ini dapat berbentuk artikel ataupun video. - Tips
Kamu tentunya mengetahui bagaimana memaksimalkan cara pemakaian dan potensi terbaik dari produkmu, maka sebaiknya kamu menyediakan konten yang berisi tips. Tips tersebut tentunya harus berkaitan erat dengan kebutuhan konsumen.
Misalnya, kalau kamu mempunyai bisnis travel, maka sebaiknya website milikmu menyediakan tips yang berkaitan dengan produk dan jasa travel yang kamu tawarkan. Contoh konten tips untuk bisnis travel adalah, “7 Destinasi Wajib di Bali yang Ramah Anak” atau “3 Cara Packing Minimalis Anti Gagal”. - Hard Selling
Jika pengunjung website sudah memberikan feedback yang baik kepada bisnismu, maka ini saatnya untuk membuat konten bertipe hard selling. Konten hard selling fokus untuk berjualan produk dan mempromosikan bisnismu. Kecuali kamu memberikan diskon atau promosi yang sangat menarik untuk para calon konsumen dan konsumen setia, sebaiknya batasi frekuensi pembuatan konten hard selling agar konsumen bisa benar – benar mengapresiasi dan terus menaruh kepercayaan kepada value yang dimiliki oleh bisnismu. - Tutorial
Untuk melengkapi konten tips, sebaiknya kamu membuat konten berjenis tutorial. Sebagai informasi, selain konten tips, konten tutorial merupakan jenis konten yang paling banyak dicari dan diminati oleh para calon konsumen dan konsumen setia. Biasanya pencarian konten tutorial ini tak lekang oleh waktu, karena konsumen bisa menggunakan petunjuk tutorial yang kamu buat pada aplikasi produk sehari – hari.
Sebagai contoh, jika kamu memiliki bisnis yang menjual alat – alat masak, maka konten tips dan tutorial yang kamu sediakan tidak hanya terbatas pada tips pemakaian atau tutorial menjaga alat masak agar awet, kamu juga bisa menyediakan konten tutorial memasak untuk menu tertentu, yang pastinya akan banyak dicari oleh konsumen yang ingin belajar memasak / butuh ide menu masakan dengan menggunakan produk alat masak yang bisnis kamu tawarkan. - Storytelling
Untuk membuat pelanggan merasa lebih dekat dan juga loyal kepada brand milikmu, maka kamu bisa bercerita kepada konsumen tentang bisnismu dari luar dan dalam. Misalnya, konten emosional yang menyadarkan konsumen bahwa mereka merupakan bagian penting dari misi dan tujuan mulia yang dimiliki oleh bisnismu.
Sebagai contoh, jika kamu bergerak pada lini bisnis fashion, kamu bisa membuat konten storytelling yang menjelaskan bahwa ada perkumpulan ibu – ibu dari golongan tertentu yang diberdayakan dan berperan aktif dalam menjahit setiap piece baju yang dibuat, atau membuat konten tentang tujuan baik dari bisnismu, seperti membuat produk fashion untuk para hijabers yang elegan tanpa harus mahal sehingga bisa dijangkau oleh semua hijabers dari berbagai tingkat ekonomi.
Pembuatan Konten Harus Mengutamakan Pelanggan
Sebelum memulai membuat konten, tentunya kamu harus tahu persis apa yang dibutuhkan oleh target audiencemu. Pengemasan konten yang tepat sasar akan membuat kontenmu menjadi lebih relevan, menarik dan tentunya lebih bermanfaat untuk target konsumenmu. Hal inilah yang menjadi salah satu kunci penting dari strategi konten marketing.
Konten yang relevan akan menarik minat target konsumen dan dengan mudah membangun hubungan dan ikatan yang kuat. Konten yang menarik akan membuat konsumen merasa terhibur dan dimengerti sehingga mereka pun akan menjadi pelanggan yang loyal. Brand milikmu pun akan mendapatkan public image yang positif karena menyebarkan pesan yang positif dan efektif.
Leave a reply