Beberapa pemilik bisnis mungkin sering mendengar promosi mengenai ajakan untuk membuat website bagi bisnisnya, tapi jarang melihat kenapa sebenarnya website diperlukan dan harus dimiliki oleh bisnis kamu? Kami akan coba uraikan hal tersebut.
Memiliki situs website adalah seperti memiliki toko dengan etalase sendiri yang bekerja 24/7 hari, apalagi jika website sudah di optimasi dengan menambahkan strategi pemasaran organik yang membuat calon pelanggan datang sendiri dari hasil pencarian. Inilah yang brand butuhkan, tanpa perlu gembar gembor promosi siang malam. Tentu ini menggantikan manusia yang dapat diandalkan. Apalagi jika kamu mendesain website yang tampilannya bagus dan memiliki harga, menjelaskan dengan detail siapa dan apa manfaatnya. Ini akan membantu menciptakan citra yang baik untuk merek dan produk juga.
Pada dasarnya, website adalah seperti halnya front liner, seperti seorang SPG yang anggun, dimana dia menarik pelanggan dengan cara mereka. Bedanya ini adalah website, visual dan aktif setiap waktu kapanpun mereka akses. Dengan website, bisnis atau brand menjadi lebih kredibel dan membuat calon pelanggan lebih percaya tentunya, bagaimana bisnis bisa dipercaya jika website saja tidak ada?
Dari sekian banyak manfaat website, kami akan coba sebutkan pointnya 7 saja diantaranya sebagai berikut :
1- Website membantu menampilkan informasi bisnis anda lebih efisien, jikapun anda ingin menampilkan informasi detail anda bisa menaruhnya diwebsite dan anda tinggal berikan link halamannya kepada pelanggan, sehingga waktu anda untuk negosiasi lebih mudah dan cepat.
2- Website membantu anda terlihat dan menjadi profesional. Pernah datang ke suatu workshop atau event pebisnis? lihat bahwa mereka yang punya bisnis punya kartu nama yang mana disana ada alamat website dan mereka juga punya “email bisnis”, nah email bisnis ini adalah email identitas yang terhubung dengan nama usaha mereka lhoh. Contohnya? wilson@tokowebsite.co.id lihat bedanya, dengan email yang menggunakan wilson.88@gmail.com tentu berbeda, karena email tersebut terlihat lebih ekslusif dan sekaligus menjelaskan usaha kita.
3- Website menjadi tim sales yang bekerja 24/7. Dan ini benar adanya, ketika kita punya website calon customer bisa buka kita kapan saja, bahkan saat kita tidur, jika mereka tertarik atau membutuhkan apa yang kita jual, mereka tinggal meninggalkan pesan kepada kita dan tim kita akan menghubungi lebih lanjut pada esok harinya.
4- Website membantu meningkatkan brand awareness. Ya, ini adalah hal yang sering dipamerkan, bahwa dalam perkembangan teknologi informasi dan digital marketing, website sekarang sudah berkembang menjadi website 3.0, 4.0 dimana tidak hanya monoton menjadi papan reklame, melainkan mereka menjadi mesin-mesin yang bisa menjadi alat untuk menciptakan awareness, salah satunya apa? Dengan menulis seperti ini, orang yang menemukan artikel ini menjadi paham, bahwa website ini ditemukan oleh orang yang mencari.
5- Website membantu menciptakan trust / kepercayaan pelanggan. Didalam proses pembuatan website tentunya ada proses pembelian domain : www.tokowebsite.co.id (contohnya), dimana domain .com, co.id itu ada level tingkatannya, sebagai contoh domain .com adalah domain internasional yang bisa dipesan jika masih tersedia, sedangkan domain .co.id adalah domain merek / perusahaan di indonesia yang tidak semua orang bisa memilikinya kecuali berbadan hukum / perseroan. Sehingga jika kita ingin melihat apakah usaha ini profesional dan bisa dipercaya? bisa dilihat dari domain yang digunakan. semakin singkat, semakin bagus dan tentunya semakin profesional.
6- Menghemat biaya marketing. Website dibuat prosesnya sekali pembuatan dan selanjutnya kita gunakan untuk optimasi dan maintenance, tapi dibandingkan dari hasilnya yang bisa digunakan sampai 1 tahun, tentu biaya ini lebih hemat daripada meng-hiring biaya marketing sales yang harus keliling door-to-door, dalam hal ini website berperan sebagai pemasaran digital yang menciptakan efisiensi waktu, dimana brosur bisa disebar secepat dan sebanyak mungkin.
7- Menciptakan Kredibilitas, Pengalaman Pelanggan dan ROI, Website yang baik tentu tidak hanya sebagai brosur atau katalog, namun juga membantu perusahaan menjelaskan siapa dirinya, lalu menciptakan kesan terhadap penggunanya. Apabila pelanggan terkesan dan merasa percaya dengan apa yang kita sampaikan, tentu menciptakan ROI / penjualan menjadi lebih mudah. Pada dasarnya website menjadi hal yang sudah seharusnya bisnis miliki, mengingat persaingan bisnis semakin ketat, para pemilik bisnis perlu hadir di Internet, salah satunya ditemukan melalui pencarian dan memiliki website yang mudah diakses dan dibagikan ke orang lainnya.
Leave a reply