Tanggungjawab seorang AE meliputi:
- Melakukan presentasi terhadap prospek klien baru
- Mendengarkan, Mencatat, Memberikan solusi kebutuhan klien
- Melakukan demo produk kepada calon pelanggan
- Negosiasi kontrak dan mencapai kesepakatan dengan klien
- Memantau dan memastikan pembelian klien puas
- Bertanggungjawab dengan klien yang sudah kerjasama
- Mengantisipasi konflik atau tantangan dari setiap bisnis klien
- Membangun dan menjaga hubungan baik dengan klien
AE bekerja dibawah divisi kehumasan pemasaran (sales/marketing). Beberapa skill yang wajib dan penting dimiliki oleh seorang AE adalah: Kemampuan komunikasi, Kemampuan bersosialisasi, Kemampuan penjualan, Kemampuan presentasi, Project management, Bernegosiasi.
Hal-hal lainnya, berkaitan dengan kode etik, sopan-santun, menjaga norma, bertanggungjawab, menepati janji, integritas, jujur dan amanah.