Bisnis fashion merupakan bisnis yang paling menguntungkan dan memberikan peluang emas untuk mendapatkan keuntungan. Tren fashion baru selalu bermunculan dan berubah dari waktu ke waktu sehingga akan selalu ada ruang untuk bertumbuh dan berkembang. Apalagi produk fashion seperti sepatu, tas, celana hingga baju merupakan salah satu kebutuhan dasar yang harus dipenuhi.
Seiring berkembangnya era digital, cara memasarkan produk bisnis fashion juga harus mengikuti perkembangan. Salah satu cara untuk memasarkan produk fashion secara online adalah dengan menerapkan strategi digital marketing.
Apalagi saat ini semakin banyak calon pelanggan dan konsumen yang mencari informasi tentang produk fashion yang diinginkan secara online sebelum membeli. Transaksi pembelian produk fashion pun kebanyakan dilakukan secara online, dikarenakan transaksi online mudah, cepat dan praktis dibandingkan jika membeli baju ke toko atau membelinya secara offline.
Oleh karena itu, promosi online menjadi salah satu pilihan paling tepat dalam memasarkan produk fashion. Saat ini, semakin banyak pemilik usaha fashion yang berupaya meningkatkan visibilitas brand mereka melalui ranah digital.
Strategi Digital Marketing Untuk Produk Fashion
- Pembuatan Website Profesional
Setiap brand yang ingin berkembang di ranah digital sudah wajib hukumnya untuk memiliki sebuah website bisnis. Website yang dimiliki brand merupakan wajah bisnis dan sekaligus menjadi media agar konsumen bisa menemukan informasi produk yang diinginkan kapan dan dimana saja.
Kehadiran website official berarti brand milikmu telah berhasil menumbuhkan brand awareness serta mendapatkan kepercayaan yang baik dari para pelanggan dan calon konsumen. Jangan ragu untuk memanfaatkan momen ini dan jadikan website kamu menjadi mobile friendly, mempunyai informasi lengkap tentang bisnis (mulai dari alamat, kontak hingga testimoni pembeli) dan tentunya penjelasan yang lengkap tentang produk fashion yang brand kamu tawarkan. - Pengaplikasian Content Marketing
Pembuatan konten berkualitas secara konsisten dapat membantu kualitas usaha pemasaran bisnis kamu menjadi semakin meningkat. Pastikan website kamu memuat artikel yang informatif dan menarik, seperti tips mix & match produk fashion, tips pemilihan fashion hingga tren terbaru yang datang dari dunia fashion.
Bentuk konten yang dibuat bisa berupa konten video, konten gambar hingga artikel. Media untuk menyebarkan konten ini bisa diupload di website dan akun sosial media. - Optimasi Website SEO Friendly
Strategi SEO dilakukan dengan mengoptimasi keyword yang sudah dipilih sesuai dengan berbagai produk dan informasi yang kamu beritahukan di dalam website. Pengaplikasian strategi SEO membuat website kamu bisa muncul di halaman pertama search engin eseperti Google ketika konsumen melakukan pencarian terhadap keyword yang dituju. - Kualitas Foto & Copy Deskripsi Produk yang Berkualitas
Bisnis fashion mengutamakan kecantikan dan tingginya kualitas visual dari produk yang bisnis milikmu tawarkan. Maka daripada itu, kamu perlu mengambil dan memilah foto – foto produk yang asli, menarik dan mempunyai resolusi yang tajam. Selalu ingat untuk menampilkan copy deskripsi serta informasi produk yang lengkap, harga dan diskon, tampilan display foto produk yang berkualitas demi meningkatkan kepercayaan konsumen dan calon pelanggan. - Dengarkan Feedback dan Saran dari Pelanggan
Saran dan feedback dari pelanggan memegang peranan yang sangat penting untuk mengembangkan bisnis yang kamu miliki saat ini. Feedback yang diberikan oleh pelanggan dapat berupa lamanya jasa pengiriman, pelayanan staf hingga penetapan harga produk.
Langkah strategi digital marketing yang lainnya adalah melakukan evaluasi pemasaran. Langkah ini perlu dilakukan demi evaluasi dari strategi pemasaran yang sebelumnya telah diterapkan. Berkat data dan feedback yang didapat dari evaluasi pemasaran, kedepannya pemilik bisnis bisa mencari tahu seperti apa promosi dan bagaimana formulasi strategi yang perlu ditingkatkan
Penerapan strategi digital marketing dapat menjangkau target pasar yang jauh lebih luas lagi. Tentunya hal ini sangat penting bagi perkembangan bisnis fashion. Meluasnya jangkauan target tanpa batasan geografis berarti semakin banyak warga digital yang dapat membeli produk kamu.
Langkah – langkah strategi jitu yang sudah disebutkan ini pun lebih irit karena biasanya upaya digital marketing biasanya jauh lebih hemat daripada kegiatan pemasaran secara offline. Kamu juga bisa bebas memproduksi konten yang tidak hanya menarik tapi juga lebih relevan terhadap target pasar brand milikmu.
Pembuatan konten yang relevan dan cara berkomunikasi yang lebih dekat kepada pelanggan dapat menjadi salah satu kunci paling penting untuk meraih keberhasilan bisnis. Semakin dekat hubungan antara brand dengan konsumen maka semakin meningkat juga loyalitas konsumen terhadap brand dan produkmu. Apalagi mempertahankan pelanggan untuk loyal akan lebih menguntungkan bagi bisnis ketimbang mencari pelanggan baru.
Melihat banyaknya keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari website marketplace membuatmu tertarik untuk memiliki website bisnis milikmu sendiri? Kamu bisa mulai membangun website sendiri secara bebas sesuai kebutuhan dan keinginanmu dengan mempelajari HTML & cara pembuatan website secara lebih mendalam. Yuk gabung dengan TWS Academy, kamu akan dilatih secara langsung oleh para expert dan mimpi miliki website ideal akan segera terwujud!

Leave a reply