Mengetahui website marketing dengan baik merupakan salah satu cara pemasaran terbaik untuk para pelaku bisnis dan entrepreneur. Website yang memiliki visual bagus dan konten berkualitas tentunya akan membedakan bisnis kamu dengan kompetitor bisnis lainnya. Seiring meningkatnya trafik website yang kamu miliki, tentunya kemungkinan untuk meningkatkan pendapatan dari channel digital pun juga akan semakin meningkat.
Saat ini situs website banyak dipakai sebagai alat promosi dan marketing strategis yang aktif bekerja tanpa henti selama 24 jam tanpa bantuan perangkat yang mahal atau teknik yang terlalu sulit. Tujuan paling penting dari penerapan website marketing adalah menempati peringkat teratas di laman pencari SERP (Search Engine Results Page), pemasaran konten (Content Marketing) hingga ke peningkatan engagement melalui media sosial.
Berdasarkan data dari Republika, sebagian besar halaman situs yang berhasil menduduki peringkat paling atas di SERP (Search Engine Results Page) akan mendapatkan peningkatan drastis lebih dari 50% traffik. Website marketing turut memperluas cakupan pelanggan bisnis kamu, peluang untuk menampilkan produk dan layanan bisnis kamu pun akan semakin tinggi.
Cara Penerapan Website Marketing yang Hasilkan Cuan
- Menganalisis performa website
Menerapkan strategi marketing tentunya memerlukan data konsumen yang terpercaya. Hasil analisa performa website merupakan salah satu informasi terukur yang bisa menjadi gambaran tentang konsumen bisnismu. Google Analytics 4 dan Google Search Console dipastikan memberikan data dan informasi yang kamu butuhkan untuk menyusun strategi bisnis marketing. Google Analytics 4 menawarkan informasi mendalam tentang detail trafik website seperti demografi, perilaku pengunjung hingga pola interaksi pengunjung di website kamu. Sedangkan Google Search Console memuat informasi jumlah kemunculan website milikmu di laman pencarian, keyword apa yang pengunjung gunakan dan seberapa sering keyword tersebut dipakai oleh para pengunjung website. - Memastikan website sudah user-friendly
Untuk membuat pengunjung betah berinteraksi dengan website bisnis milikmu, seorang pemilik bisnis dan entrepreneur harus memastikan website yang dimiliki mudah untuk digunakan. Website yang baik akan mudah diakses, memiliki waktu loading yang cepat, navigasi website yang jelas, responsif untuk semua device, mempunyai struktur website yang rapi, warna sesuai dengan identitas brand hingga menggunakan huruf yang nyaman dilihat oleh mata. - Memetakan alur aktivitas pengunjung
Pemetaan alur pengunjung atau customer journey mapping akan memudahkanmu memahami bagaimana perilaku pengunjung di websitemu. Data ini bisa kamu gunakan untuk mengetahui bagian website yang perlu kamu maksimalkan, misalnya, kecepatan loading website yang harus ditingkatkan, copy CTA untuk mengajak pengunjung melakukan pembelian produk atau jasa hingga mengetahui apakah desain website sudah berhasil membuat pelanggan nyaman dan betah dalam mengeksplor website. - Memastikan website sudah responsif
Kualitas sebuah website tentunya akan semakin baik jika bisa dibuka lancar oleh berbagai jenis device, dari mulai desktop, mobile hingga tab. Google Mobile First Index pun akan mengutamakan website yang sudah terbukti mobile friendly untuk muncul di halaman utama SERP (Search Engine Results Page). - Memaksimalkan fungsi email marketing
Email marketing merupakan salah satu channel digital marketing yang dipakai oleh pelaku bisnis dan entrepreneur untuk tetap terhubung dengan konsumen yang pernah berinteraksi dengan bisnis kita sebelumnya. Salah satu tujuan utama dari email marketing adalah memberikan informasi terbaru kepada pelanggan setia dan mengajak mereka untuk kembali ke website dan melakukan transaksi.
Apakah Kamu Sudah Siap Melakukan Website Marketing?
Dengan memahami website marketing, bisnis dan usaha kamu akan berkembang dan mempunyai peluang lebih besar untuk mencapai kesuksesan. Memiliki website bisnis tentunya dapat mempermudah dan memperingan proses marketing, karena kamu dapat melakukan strategi digital marketing yang berpusat pada website milikmu.
Manuver pemilikan website bisnis dapat membuat alokasi biaya pemasaran bisnis menjadi lebih hemat, jangkauan produk dan layanan dapat diperluas, angka akuisisi pelanggan akan semakin meningkat hingga meningkatkan angka konversi dan juga penjualan secara signifikan. Dalam dunia digital yang terus berkembang, tentunya kehadiran channel marketing secara online seperti website tentunya menjadi sangat penting.
Leave a reply