Mempromosikan produk secara online merupakan salah satu langkah wajib dalam promosi digital. Penerapan strategi digital marketing sudah menjadi bagian dari usaha promosi digital dan menjadi salah satu ujung tombak yang paling penting dari sebuah bisnis. Dari berbagai taktik marketing yang aktif digunakan dalam praktik dunia bisnis, penggunaan media digital pun semakin menguat.
Penggunaan website dan blog untuk sebuah bisnis merupakan salah satu usaha penawaran komunikasi kepada pelanggan supaya kegiatan promosi digital lebih mudah dijangkau. Tentunya pemyusunan strategi yang matang dapat berdampak lebih maksimal dan berujung pada peningkatan leads penjualan. Maka daripada itu, kamu memerlukan strategi atau cara promosi promosi produk online yang memiliki tingkat keberhasilan tinggi.
Cara Promosi Produk Online
- Membuat Website Bisnis Responsif
Website merupakan salah satu platform digital yang paling penting saat ingin mempromosikan sebuah produk atau layanan jasa. Dalam sebuah website, pemilik bisnis dan digital entrepreneur tidak hanya bisa menjual produk dan jasa saja tapi juga mempromosikan bisnis mereka secara keseluruhan.
Untuk bisa berfungsi maksimal, sebuah website bisnis tidak wajib memiliki fitur paling canggih, tapi harus memudahkan konsumen saat ingin mengunjungi website kita. Pastikan desain yang dimiliki website bisnis sudah terlihat profesional dan responsif untuk diakses dari berbagai jenis perangkat. Jangan lupa untuk selalu mencantumkan logo, kontak dan lokasi bisnis pada website bisnismu. - Penerapan SEO (Search Engine Optimization)
Untuk dapat maksimal mempromosikan produk, sebuah website membutuhkan strategi SEO (Search Engine Optimization) yang secara langsung menyasar target audience dengan menggunakan kata kunci yang relevan. Tentunya, semakin bagus strategi dan performa SEO yang didapat, akan memberikan dampak yang positif juga terhadap usaha penjualan produk dan layanan.
Untuk menerapkan strategi SEO secara maksimal, kamu harus membuat konten yang tidak hanya menarik tapi juga teroptimasi SEO seperti pembuatan konten artikel dan landing page. Mengoptimasi kata kunci yang relevan antara target audiens dan jenis bisnismu, melakukan optimasi pada struktur website seperti pembuatan judul website, meta deskripsi dan juga fitur-fiturnya. Pastikan juga website bisnis kamu sudah mobile friendly sehingga kecepatan loading website selalu terjaga stabil. - Penggunaan Social Media Marketing
Melakukan kegiatan promosi dan marketing lewat sosial media baru-baru ini menjadi platform yang cukup efektif untuk membantu perkembangan sebuah website. Jumlah pengguna media sosial di Indonesia saat ini sudah menyentuh angka 167 juta orang dan setiap platformnya memiliki keunikannya masing-masing. Tugas kamu sebagai pemilik bisnis adalah memilih dan menggunakan platform yang tepat dan cocok untuk target konsumen.
Contohnya, platform Facebook yang memiliki jangkauan cukup luas, dapat digunakan untuk berbagai jenis bisnis. Platform Instagram sangat cocok untuk memasarkan produk dan jasa dengan menggunakan konten gambar dan video yang menarik. Terakhir, X (eks Twitter) merupakan platform sosial media yang tepat untuk berinteraksi serta memberitakan update terbaru terkait bisnismu. - Memaksimalkan Upaya Konten Marketing
Konten marketing merupakan salah satu strategi yang dipandang efektif untuk membangun kredibilitas sebuah brand dan meningkatkan awareness akan bisnis milikmu. Pastikan untuk merumuskan upaya konten marketing yang informatif, relevan namun tetap menarik. Format konten yang biasa digunakan pada konten marketing adalah artikel, video, blog dan infografis. - Rutin Memantau dan Menganalisa Kegiatan Promosi
Dalam kegiatan promosi produk online, pelaksanaan strategi dan eksekusi saja tidak cukup. Sebagai pemilik bisnis, kamu harus rutin melakukan analisa dan pemantauan secara berkala supaya keberhasilan kegiatan promosi bisa terukur.
Untuk mendapatkan hasil analisa ini, kamu bisa menggunakan berbagai alat analisa yang tersedia seperti Insight Instagram, SemRush hingga Google Search Console. Pahami konten mana yang efektif dan konten seperti apa yang masih perlu diperbaiki optimasinya.
Dalam mempromosikan sebuah produk dan jasa di platform digital seperti website atau sosial media, seorang pemilik bisnis harus memiliki strategi yang tepat supaya promosi bisa berjalan efektif dan efisien.
Nah kini kamu sudah tahu pentingnya peranan website dalam usaha promosi produk online. Sekarang adalah momen yang paling pas untuk memiliki website bisnis milikmu sendiri. Kamu bisa mulai membangun website sendiri secara bebas sesuai kebutuhan dan keinginanmu dengan mempelajari HTML & cara pembuatan website secara lebih mendalam. Yuk gabung dengan TWS Academy, kamu akan dilatih secara langsung oleh para expert dan mimpi miliki website ideal akan segera terwujud!
Leave a reply