Memahami dan menjalani strategi optimasi konten merupakan hal wajib bagi para pemilik bisnis dan entrepreneur. Pada dasarnya, konten merupakan salah satu senjata efektif dan efisien bagi sebuah website untuk berhasil mengundang calon pelanggan baru dan mempertahankan konsumen setia. Hal yang tak kalah pentingnya, konten yang berkualitas akan membantu meninggikan peringkat SEO, mendongkrak angka trafik pada website sehingga berujung pada datangnya lead dari konten.
Persiapan Strategi Optimasi Konten Pada Website Bisnis
Sebelum memulai tahap pembuatan konten, ada beberapa hal yang harus diketahui dan dikerjakan terlebih dahulu, yaitu:
- Menentukan Tujuan Website
Ketika ingin memaksimalkan peran website pada kegiatan website marketing, kamu harus mampu memiliki jawaban atas pertanyaan – pertanyaan berikut:
– Produk atau layanan apa yang ingin kamu kedepankan?
– Komitmen peningkatan trafik untuk mengundang iklan atau sponsor
– Lebih penting mendapatkan konsumen baru atau mempertinggi intensitas lead?
– Apakah kamu ingin membangun komunitas atau lebih tertarik untuk menarik pelanggan baru? - Mengenali Audiens
Memahami audiens dengan baik dapat memberikan dampak yang positif pada website dan bisnis milikmu. Dengan memahami audiens maka kamu bisa memproduksi konten yang sesuai dengan konsumen dan membuatnya relevan. Untuk benar – benar memahami audiens, maka kamu perlu tahu:
– Demografik konsumen dari detail analisis pengunjung website
– Memahami bagaimana cara konsumen menemukan websitemu dari mesin pencari
– Betul – betul memahami masalah yang konsumen hadapi dan memastikan dapat memberikan cara pemecahan dari masalah tersebut. - Melakukan Riset Pada Website Kompetitor
Ketika berbisnis, tentunya kita tidak bisa meremehkan kompetitor. Pelaku bisnis yang baik adalah yang memahami kompetitor dan betul – betul yakin dapat memberikan pelayanan dan produk yang lebih baik atau unggul daripada kompetitor. Nah, untuk menjalankan strategi optimasi konten yang efektif dan efisien tentunya kamu harus mengetahui:
– Website serupa yang mungkin juga dikunjungi oleh konsumen
– Mengidentifikasi trend dari industri yang sedang naik daun diantara para kompetitor lainnya
– Menemukan inspirasi dari kompetitor dan memodifikasinya untuk membuat atau merumuskan konten baru.
Langkah Strategi Optimasi Konten Website yang Menarik
Tentunya untuk membuat konten website terbaik, sebuah website harus memiliki konten yang berkualitas dan sesuai dengan sudut pandang dan pengertian dari audiens yang dimilikinya. Berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menjalankan optimasi konten website yang menarik untuk konsumen:
- Memproduksi konten berkualitas
Ketika membuat konten, pastikan untuk menawarkan hal yang baru bagi audiens, mampu mengubah prespektif, memperkaya pengetahuan audiens, mampu memberikan manfaat positif, dapat menginspirasi serta menghibur audiens yang menjadi target konsumen. Pastikan untuk selalu memberikan konten yang tak hanya dapat menarik perhatian tapi juga mengandung informasi dan fakta yang akurat. Jika website bisnis milikmu mengandung hoax, tentunya kredibilitas website dan bisnis milikmu akan dipertaruhkan. - Tidak melakukan plagiat konten
Konten yang kamu buat untuk website bisnis harus asli original. Jika ingin mencari inspirasi, terutama jika dari kompetitor, maka kamu harus memastikan untuk dapat memodifikasinya dan jangan benar – benar menjiplak 100% konten milik kompetitor atau pihak lain. Selain menyalahi etika, konten plagiat akan berdampak buruk bagi manuver SEO dan membuat peluang website bisnismu lebih sukses menjadi semakin kecil.
- Tidak bertele – tele
Konten website yang terlalu panjang, berbelit atau menggunakan bahasa yang terlalu kompleks tentunya akan membuat pengunjung website merasa kebingungan. Pembuatan konten yang fokus to the point dan padat informasi akan membuat para pengunjung website lebih mudah memahami dan meresap informasi yang kamu ingin sampaikan. - Memudahkan pelanggan
Pastikan akses pelanggan kepada konten susah untuk dicapai. Cara ini bisa dilakukan dengan pemilihan keywords yang tepat hingga cara distribusi konten melalui media sosial atau email marketing. Pastikan pelanggan bisa dengan mudah memahami pesan yang ingin brand kamu sampaikan dalam waktu singkat. Konten yang mampu mempermudah dan membantu pelanggan tentunya akan membujuk mereka untuk kembali pada websitemu hingga melakukan pembelian produk. - Terhindar dari kekeliruan atau kesalahan informasi
Seluruh konten yang brand produksi harus bebas dari kesalahan informasi, keliru eja, pemakaian tata bahasa dan tanda baca yang benar. Kesalahan pada konten, terlebih jika terjadi pada frekuensi yang sering maka akan membuat brand milikmu terlihat tidak profesional. Jadi pastikan untuk selalu memastikan fakta dan informasi dalam kontenmu sudah betul dan faktual.
- Dilengkapi dengan visual yang menarik
Untuk memaksimalkan efek dari konten website yang dibuat, alangkah baiknya jika ada penambahan gambar atau video menarik untuk menunjang isi konten. Penambahan infografis, diagram, video hingga gambar dapat membantu konsumen memproses informasi dan menarik perhatian mereka lebih cepat. Konten yang kaya akan visual menarik juga dinilai mampu membuat audiens berinteraksi pada konten tersebut. - Koreksi kembali sebelum posting
Pastikan untuk mengoreksi kembali konten website yang sudah kamu buat sebelum mempublikasikannya. Tidak hanya ejaan dan susunan kalimatnya, kamu juga harus memastikan kembali fakta terbaru yang berkaitan dengan konten yang dibuat.
Leave a reply