Pemanfaatan peran SEO dalam pemasaran digital penting untuk diterapkan oleh para pemilik usaha dan digital entrepreneur. Pengaplikasian Search Engine Optimization (SEO) yang sukses dapat mendongkrak jumlah traffik website, memudahkan para pemilik usaha untuk memahami suara dan keinginann konsumen, meningkatkan visibilitas merk dan brand dalam channel online, mempengaruhi keputusan buying cycle dari para konsumen hingga memperkuat image brand di pasaran.
Ditambah lagi, dibandingkan dengan cara pemasaran digital lainnya, penerapan SEO membutuhkan biaya yang jauh lebih kecil. Sebagai pemilik bisnis yang inovatif, seorang digital entrepreneur harus mampu memanfaatkan strategi SEO untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis lewat website.
Pentingnya Peran SEO dalam Pemasaran Digital
Sebagai salah satu channel promosi yang banyak digunakan dalam pemasaran digital, SEO (Search Engine Optimization) memegang peranan yang cukup krusial dalam pembangunan strategi pemasaran digital yang baik untuk brand produk dan jasa yang kamu miliki.
- Meningkatkan User Experience
Baru-baru ini Google telah mengeluarkan pernyataan bahwa user experience yang positif menjadi salah satu faktor yang krusial dalam peningkatan posisi website dalam SERP (Search Engine Result Page). Eksekusi SEO yang baik, efektif dan efisien dapat membantu mendongkrak user experience pada website usahamu.
Mengoptimalkan user experience bisa dilakukan melalui peningkatan kecepatan loading website, navigasi website yang mudah atau user friendly dan pembuatan desain website yang responsif. Ketika pengunjung website nyaman dan betah saat mengakses dan menjelajahi konten yang dimiliki website brand maka tingkat retensi pengunjung website pun akan meningkat, bounce rate akan berkurang hingga peningkatkan konversi penjualan. - Mendorong Penjualan Lewat Inbound Leads
Setiap harinya para pengguna internet akan mencari informasi yang dibutuhkan lewat mesin pencari. Setiap pengguna internet dapat menjadi calon pelanggan yang potensial untuk bisnismu. Bisa dipastikan, salah satu jenis informasi  yang mereka cari adalah produk atau layanan yang dapat membantu memenuhi kebutuhan individu tersebut.
Jika calon pelanggan tersebut sudah tertarik dan ternyata kebutuhan mereka pun relevan dengan jenis produk dan service yang brand milikmu tawarkan maka kita perlu mengarahkan mereka supaya menjadi lead yang berkualitas dan menghasilkan penjualan produk atau jasa.
 - Membangun Brand Awareness yang Kuat
Peran SEO dalam pemasaran digital membantu meningkatkan visibilitas dan juga exposure sebuah brand di dalam search engine. Artinya, saat website milikmu bisa berhasil muncul di halaman pertama search engine, maka brand dan bisnismu akan memiliki kesempatan yang jauh lebih besar untuk dikenali dan ditemukan langsung oleh target pelanggan.
Semakin bagus brand awareness yang dimiliki bisnismu maka brand juga akan mendapatkan pencitraan yang positif. Brand awareness yang positif juga secara langsung akan meningkatkan kepercayaan dalam diri konsumen. - Optimalkan Keyword dengan Strategis
Setiap kegiatan pencarian dalam search engine selalu dimulai dari keyword. Mengingat pentingnya peranan keyword maka sebagai pemilik website bisnis, kamu harus mempertimbangkan keyword yang tepat pada setiap pembuatan kontenmu.
Saat ini search engine seperti Google dapat menampilkan hasil pencarian yang datang dari berbagai channel online seperti sosial media dan e-commerce. Jadi tidak hanya terbatas pada website saja.
Mengingat krusialnya peranan keyword, maka kamu harus memaksimalkan strategi penyusunan dan pemakaian keyword untuk berbagai jenis konten yang akan kamu gunakan dalam website, sosial media atau akun e-commerce supaya SEO pada bisnismu dapat berjalan dengan baik. - Terapkan Strategi SEO Lokal
Salah satu objektif utama dari SEO (Search Engine Optimization) dalam strategi pemasaran digital adalah meningkatkan visibilitas bisnismu dalam channel online, dalam hal ini channel website bisnis. Nah, untuk mewujudkan objektif tersebut, kamu harus mulai menerapkan strategi SEO lokal.
Strategi SEO lokal dapat membantu meningkatkan visibilitas bisnis secara online dengan berdasarkan lokasi geografis yang telah ditentukan olehmu sebagai pemilik bisnis. Tentunya dengan peningkatan visibilitas online, brand milikmu akan dikenali oleh lebih banyak calon pelanggan baru.
Salah satu langkah utama dalam penerapan SEO lokal adalah dengan menggunakan search intent lokal. Penggunaan schema markup yang tepat juga dapat membantu mendatangkan calon pelanggan untuk menemukan bisnismu.
Peran SEO dalam pemasaran digital bisa menjadi strategi yang vital bagi bisnismu untuk bersaing dalam dunia digital yang kini semakin kompetitif. Pastikan untuk meluangkan waktu dan usaha yang maksimal dalam usaha mengimplementasikannya.
Pemakaian website dalam mempromosikan produk secara online menempati posisi yang cukup krusial. Sekarang adalah momen yang paling pas untuk memiliki website bisnis milikmu sendiri. Kamu bisa mulai membangun website sendiri secara bebas sesuai kebutuhan dan keinginanmu dengan mempelajari HTML & cara pembuatan website secara lebih mendalam. Yuk gabung dengan TWS Academy, kamu akan dilatih secara langsung oleh para expert dan mimpi miliki website ideal akan segera terwujud!
Leave a reply